Resensi Film I Robot

Nama
NIM
Progam Studi
Fakultas
Mata Kuliah
Dosen Pengampu
: Agus Candra Kurniawan
: 090403010080
: Teknik Informatika
: Teknologi Informasi
: Komputer Masyarakat
: Kadwi Suharsono, S.Kom

Resensi Film I Robot - Teknologi robot merupakan penggabungan dari ilmu elektronika, ilmu mekanik dan ilmu teknologi informasi. Dari ketiga ilmu tersebut mempunyai peranan yang sangat penting dalam menyelesaikan sebuah project dari robot yang sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.

Robot yang saat ini berkembang di lingkungan pendidikan, ialah robot-robot yang diperuntukkan untuk kompetisi/lomba yang diadakan oleh DP2M DIKTI dengan tujuan sebagai progam kreativitas bagi pelajar, misalnya: KRI (Kontes Robot Indonesia), KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia), KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia), dan kompetisi yang sebagainya dengan maksud untuk penunjang pendidikan di Indonesia.

Namun, kali ini perkembangan robot bukan hanya dalam kompetisi nasional atau internasional melainkan yang lebih dari itu ialah robot yang didesain seperti manusia. Robot yang saat ini berkembang di negara maju dan negara berkembang ialah robot yang dapat membantu berbagai macam kegiatan manusia dengan alasan sebagai otomatisasi/penghemat waktu agar aktifitas yang dikerjakan manusia sedikit daripada menggunakan sistem konvensional (sistem yang masih lama/manual)

Film I Robot merupakan salah satu inpirasi untuk dunia pendidikan sebagai penunjang dalam meningkatkan kreatifitas anak bangsa agar dapat bersaing dengan negara-negara luar.

Film ini menceritakan tentang kehidupan manusia dan robot yang hidupnya berdampingan, terikat satu dengan yang lainnya karena pada kehidupan ini manusia hampir sepenuhnya pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh manusia dialihkan ke robot yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing personal.

Didalam film ini terdapat profesor yang dapat membuat robot ditemukan tewas di laboratoriumnya sendiri. Ada dugaan bahwa ia bunuh diri, namun ada seorang detektif yang menyangkal dugaaan tersebut. Ia menduga bahwa ada robot yang menyebabkan itu terjadi, namanya Sunny. Sunny adalah robot yang diciptakan berbeda, dia memiliki perasaan hampir sama seperti manusia bahkan dia mengatakan kalau dia pernah bermimpi. Nama detektif yang menyelidiki kasus tersebut adalah Spooner. Spooner memiliki kenangan buruk tentang robot mungkin hal itu yang membuat dia tidak percaya terhadap robot.

Spooner dibantu oleh asisten profesor untuk menyelidiki kasus tersebut. Namun ketika misteri tersebut hampir terungkap, VIKI berusaha menggagalkan rencana mereka. VIKI adalah otak dari robot-robot itu sehingga dia dengan mudah memanipulasi robot-robot tersebut sehingga robot tersebut malah berbalik menyerang manusia.

Ketika mereka mendapatkan kesulitan Sunny menolong mereka. Sunny merasa bahwa hanya detektif Spooner lah yang dapat memenuhi keinginan profesor. Akhirnya Spooner berhasil menghentikan kegilaan VIKI dengan cara menyuntikkan virus langsung ke dalam VIKI yang membuat dia rusak dan akhirnya robot-robot yang dikendalikan oleh VIKI pun kembali normal dan mulai membantu manusia kembali. Dan Sunny lah yang memimpin para robot itu.

Sekarang ini manusia sangat membutuhkan komputer dalam hal ini robot. Karena robot dapat mengerjakan berbagai pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia. Namun terkadang kita lupa bahwa manusia masih lebih pintar dari robot karena manusia memiliki hati dan perasaan yang tidak bisa diciptakan dalam bentuk chip atau apapun. (Res. Wartawarga Gunadarma)





banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: