Aplikasi Short Message Service (SMS) Gateway Untuk Informasi Hasil Pertanian Di Wilayah Pedesaan

Bismillah, Proposal Progam Kreativitas Mahasiswa 2011

1.1 Latar Belakang
Dengan adanya sumber daya alam di Indonesia yang melimpah, pertanian menjadi salah satu sektor penting didalam perekonomian nasional. Oleh sebab itu pemerintah mengedepankan sektor pertanian yang 53% di domisili oleh pulau jawa karena pulau jawa memiliki tingkat kesuburan yang luar biasa dalam hal bahan pokok/beras. (sumber :http://fatimahhandayani.wordpress.com)

Proses transformasi suatu wilayah pedesaan menjadi suatu daerah agroindustri secara ilmiah telah banyak diulas peneliti dan akademisi dan menjadi tuntutan nyata dalam proses perkembangan modernisasi masyarakat pertanian, karena kegiatan pertanian berada di wilayah pedesaan. Dengan melihat desa sebagai wadah kegiatan ekonomi, kita harus merubah pandangan inferior atas wilayah ini, dan merubahnya dengan memandang desa sebagai basis potensial kegiatan ekonomi melalui investasi prasarana dan sarana yang menunjang keperluan pertanian, serta mengarahkannya secara lebih terpadu (Kuntoro Boga Andri, 2008)

Jika dalam upaya untuk membangun wilayah pedesaan yang perspektif maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menunjang aktifitas dari masyarakat pedesaan.

Pengaksesan telepon selular (Mobile Access) sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pedesaan, dengan adanya hand phone masyarakat pedesaan dapat mendapatkan informasi mengenai naik turunnya hasil pertanian di Indonesia. Sistem Informasi yang akan diterapkan ini tidak terlalu sulit bagi masyarakat pedesaan karena mengingat penggunaan hand phone sangatlah sederhana dan biayanya sangatlah murah jika dibandingkan untuk mendapatkan informasi mengenai hasil pertanian.

“APLIKASI SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) GATEWAY UNTUK INFORMASI HASIL PERTANIAN DI WILAYAH PEDESAAAN” merupakan salah satu solusi agar terciptanya sistem informasi yang bisa bermanfaat bagi para petani di kalangan pedesaan.

Mohon Maaf tidak memberikan sepenuhnya isi proposal dan Aplikasinya,
Tapi jika ada yang merasa memerlukan aplikasi dan isi proposal ini bisa hubungi agusckurniawan@gmail.com
banner
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. untuk semakin menjangkau kepedesaan mungkin infrastruktur teknologinya perlu dimaksimalkan juga...begitu ya mas....selain dari software tersebut...
    salam damai dari Balikpapan

    ReplyDelete