Urusan Menjadi Sulit

Allah SWT. berfirman,

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri,dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (asy-Syuura :30)

Rasulullah saw. Bersabda,

‘Seseorang tidak akan mendapatkan rezeki karena dosa yang ia perbuat.” (Hadits Hasan)

Seorang mukmin yang senantiasa mengukur segala permasalahannya dengan standart keimanan maka akan merasa yakin bahwa bencana dan cobaan yang menimpanya adalah karena dosa yang ia perbuat.

Berbeda dengan pengikut paham materialis yang tenggelam dalam lautan maksiat. Mereka akan mengeluh dan gelisah ketika mengalami kesusahan dan mendapatkan cobaan. Mereka tidak menyadari bahwa semuanya disebabkan oleh mereka sendiri. Merekalah yang terlebih dahulu melanggar perintah Allah dan melakukan dosa, sehingga mereka mendapatkan hukuman dari Allah. Dan orang yang memulai perbuatan zalim adalah lebih zalim.

Sufywan ats-Tsauri berkata, “Aku mengetahui dosa-dosaku dari perilaku istriku, hewan peliharaanku, dan tikus yang ada dirumahku.”

Pengetahuan terhadap dosa semacam ini tidak dimiliki begitu saja oleh seseorang. Pengetahuan ini adalah berkat cahaya Ilahi yang dianugerahkan oleh Allah SWT. yang menerangi hati dan mata serta menunjukkan jalan yang lurus. Kita berharap kepada Allah SWT., semoga kita termasuk golongan mereka.



Dr. Khalid Abu Syadi
Seri Penyegaran Iman

Malang, 10 Rabiul Awal 1432 H
Agus Candra Kurniawan
www.agusckurniawan.blogspot.com

banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: