Robot Jepang Bersiap Lomba Maraton

Jakarta - Seperti para pelari maraton profesional, robot pun bisa fokus pada tujuannya mencapai garis finish. Nah, apa jadinya jika robot mengikuti lomba lari maraton?

Firma robot di Jepang, Vstone tengah mempersiapkan pertandingan maraton bagi para robot. Persiapan diantaranya dilakukan dengan menyediakan 422 putaran trek lari dengan jarak masing-masing sekitar 100 meter.

Dalam sebuah percobaan, robot Robovie-PC secara otomatis mengikuti trek lari yang disediakan hingga mencapai garis finish. Nantinya, para kompetitornya akan 'berlari' juga secara otomatis seperti robot ini, atau ada juga yang dikendalikan menggunakan pengontrol jarak jauh.

Jangan dibayangkan robot ini berlari secepat kilat seperti para pelari profesional. Seperti terlihat dalam rekaman video demo, bagi manusia, gerakan robot ini sebenarnya hanya seperti berjalan biasa.

Namun seperti dilansir Pop Science dan dikutip detikINET, Senin (14/2/2011), pertandingan lari ditujukan untuk menguji kemampuan robot dalam bernavigasi mengikuti arah trek lari yang ditetapkan hingga ke garis finish. Sayangnya waktu dan tempat pertandingan maraton bagi para robot ini belum ditentukan.

Robovie sendiri disebut-sebut akan menjadi kompetitor yang tangguh. Ketepatan navigasinya disokong kamera 1,3 megapixel di kepalanya dan prosesor 1,6 GHz yang dibenamkan dalam tubuhnya memberi kemampuan komputasi yang setara dengan PC standar dan bisa terkoneksi dengan internet.( rns / fw )



Sumber : www.detik.com

banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: