Pengertian Sistem Operasi (Operating System)

Tugas Definisi Operating System
Nama : Agus Candra Kurniawan
Mata Kuliah : Operating System
NIM : 090403010080
Class : Informatics Techniques C
Semester :3
Dosen : Hendro Cahyono, S.Kom
Faculty of Information Technology Kanjuruhan University of Malang

Sistem Operasi atau yang sering disebut dengan Operating System ialah suatu perangkat lunak/sofware yang merupakan ujung tombak dari perangkat komputer, karena Sistem Operasi ditugaskan untuk mengkontrol dan memanejemen hardware/perangkat keras serta mengolah data untuk mempermudah aktifitas Brainware


Gambar Sistem Komputer


Sistem Operasi dapat dipandang sebagai pengontrol sumberdaya yang ada. Sebuah sistem komputer memiliki berbagai sumberdaya (hardware dan software) yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai masalah: CPU time, ruang memori, ruang penyimpanan file, perangkat I/O (input/output), dan lain sebagainya. Sistem operasi bertindak sebagai manajer bagi semua sumberdaya ini dan mengalokasikannya pada program dan user tertentu untuk melakukan berbagai tugas (task). Dengan demikian ada peluang terjadinya konflik permintaan sumberdaya, sistem operasi harus mengambil keputusan, request (permintaan) sumberdaya mana yang harus dilayani untuk menjaga efisiensi operasi komputer.

Pandangan lain terhadap sebuah sistem operasi terfokus pada kebutuhan pengendalian (control) program. Control program mengendalikan eksekusi program user untuk mencegah error dan penggunaan yang tidak efisien, khususnya pengoperasian dan pengendalian perangkat I/O.

Tujuan Utama sebuah sistem operasi adalah untuk kenyamanan user. Sistem operasi ada untuk lebih memudahkan user mengoperasikan komputer dibanding tanpa sistem operasi. Tujuan lainnya adalah untuk mengefisienkan operasi sistem komputer.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain







Sekian dari Saya Agus Candra Kurniawan Semoga Bermanfaat. Amiin

banner
Previous Post
Next Post

3 comments:

  1. sangat bermanfaat mas, saran jika semua materi bisa di sharing disini..terutama tentang aneka teknik jaringan...
    salam damai ^_^

    ReplyDelete
  2. @Insya Allah pak arya..
    ini sebatas tugas dari dosen.. sbnarnya disuruh submit ke milis tpi biar ada lebih kreatif saya tulis juga di blog he he ^^

    ReplyDelete
  3. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete